Laravel Crud Part 1-Create Data

Ariadi Ahmad
3 min readNov 26, 2020

--

Halo semua, kali ini kita akan membahas cara create data di laravel jadi semoga semua masih semangat kodinganya. ayo mulai.

Saya asumsikan kalian telah menginstall laravel dan sudah tau cara installnya atau kalau belum kalian bisa mengunjungi postingan saya mengenai cara menginstall laravel. dan saya asumsikan juga kalian telah paham tentang MVC di laravel. jika belum kalian bisa mengunjungi post saya yang membahas tentang Memahami konsep MVC laravel.

  1. Nyalakan Xampp

Pertama kalian nyalakan xampp kalian. nyalakan apache dan mysql. gunanya nanti ini untuk mengakses database dan sebagai web service pada project kita.

2.Buka VsCode Kalian

Buka vscode kalian lalu open project laravel yang sudah kalian install.

3.Mengatur ENV pada laravel

silahkan cari file bernama .env pada laravel. atur env kalian. disini bentuk env saya seperti ini

silahkan atur sesuai keperluan kalian.

4.Membuat Model Sekaligus Migrationnya

kalian buka terminal pada project kalian. lalu ketikkan perintah

php artisan make:model Customer -m

disini nama model saya adalah Customer (ini bisa diganti dengan nama model kalian sendiri). ketika modelnya telah selesai di buat maka akan terbuat sebuah model di folder app/Customer.php. noted(saya menggunakan laravel versi 6)

dan terbuat sebuah migration di folde database/migrations/namaMigration

5. Menentukan Field Migration

disini saya hanya mengisi dua field sebagai contoh

name string
email string

6. Membuat Controller

ketikkan di terminal perintah berikut

php artisan make:controller CustomerController

disini nama controller saya adalah CustomerController (ini bisa diganti dengan nama controller kalian sendiri). ketika selesai maka akan terbuat sebuah file di folder app/http/controllers/CustomerController.php.

7.Membuat View

disini saya akan membuat manual sebuah view di folder resourcers/views/customer/customer.blade.php

dengan isinya seperti di bawah

10 Membuat Routenya

foldernya berada di routes/web.php. isikan route seperti

11 Jalankan Php artisan serve di terminal

php artisan serve

12 Buka Browser

ketik di url dengan

localhost:8000/customer

sebelum kalian mencobanya kalian perlu membuat database di localhost/phpmyadmin sesuaikan nama databasenya dengan yang di .env

Oke sampai disini dlu yaaa. Terimah Kasih

#programmer #indonesiaMembangun #coding

--

--